cara unreg & cek nomor kartu SIM apa sudah daftar NIK & KK

 techno

cara unreg cek nomor kartu SIM apa sudah daftar NIK KK

Pada tanggal 31 Oktober tahun 2017 lalu, pemerintah mewajibkan pemilik nomor SIM card telepon seluler prabayar untuk melakukan registrasi dan registrasi ulang menggunakan NIK dan KK. Dengan begitu semua pengguna dapat didata oleh pemerintah, hal tersebut tentu bertujuan baik untuk mengurangi tindak kejahatan menggunakan nomor telepon seluler. Namun batas waktu pendaftaran ulang dan registrasi tersebut telah ditutup pada tanggal 28 februari 2018 lalu, untuk pengguna yang belum melakukan registrasi maka kartu SIMnya akan dinonaktifkan secara bertahap, mulai dari tidak bisa menerima panggilan telepon, tidak bisa digunakan untuk SMS, internet, hingga akhirnya tidak bisa digunakan sepenuhnya.

Dalam tahap pemblokiran tersebut sebenarnya pengguna masih bisa melakukan registrasi atau registrasi ulang sebelum kartunya benar-benar sudah tidak bisa digunakan untuk apa-apa hingga batas maksimal waktu adalah tanggal 1 mei 2018. Selain itu jumlah kartu yang bisa kita daftarkan sendiri adalah 3 kartu, seseorang hanya bisa mendaftarkan (registrasi) kartu oleh pengguna itu sendiri dibatasi 3 kartu untuk setiap NIK. Jadi kita hanya diperbolehkan memiliki maksimal 3 kartu telepon prabayar saja.

Jika pun kita ingin memiliki lebih dari 3, sebernarnya bisa saja namun kita harus melakukan registrasi di konter pulsa atau gerai yang memiliki ijin untuk mendaftarkan kartu ke 4 dan seterusnya. Untuk cara registrasi ulang oleh kita sendiri kita bisa membacanya artikel berikut: https://www.arie.pro/cara-daftar-dan-registrasi-ulang-kartu-simcard-tiap-operator/. Namun jika kamu ingin mengetahui dahulu apakah kartu akmu sudah terdaftar atau belum, ini yang akan kita bahas kali ini.

Jadi kita akan membahas apakah kartu telepon kamu sudah terdaftar menggunakan NIK dan KK atau belum. Selain itu kita juga bisa mengecek nomor NIK kita sudah digunakan untuk berapa nomor. Dan jika ternyata nomor NIK kamu digunakan oleh orang lain, atau ada yang menggunakan NIK kamu tanpa seijin dan sepengetahuan kamu, maka kamu bisa meminta operator untuk melakukan unreg nomor tersebut. Dan berikut ini caranya.

Cara mengetahui nomor seluler dan NIK apakah sudah didaftarkan atau belum

Telkomsel

  • Kunjungi alamat situs berikut https://telkomsel.com/cek-prepaid
  • Lalu masukan nomor HP dan nomor NIk yang kamu miliki
  • Kemudian klik tombol dapatkan password
  • Cek SMS yang kamu dapat dari Telkomsel, lalu masukan kode yang didapat dari SMS ke kolom di situs yang telah disediakan
  • Setelah itu klik tombol cek nomor saya

 

XL/AXIS

  • Lakukan Dialling/USD/Telepon *123*4444#
  • Lalu pilih pengecekan nomor

 

Indosat Ooredoo (IM3)

Kirim SMS 4444 dengan Format INFO#NIK
Contoh: INFO#3211234567898765
Kirim ke 4444

 

Tri

  • Kunjungi alamat situs berikut https://registrasi.tri.co.id/ceknomor
  • Masukan nomor NIK dan Nomor KK
  • Beri tanda centang pada kotak verifikasi
  • Lalu klik tombol kirim
  • Pada website tri kita juga bisa menonaktifkan nomor yang tidak dikendaki atau nomor yang menggunakan NIK dan KK kamu tanpa ijin.

 

Smartfren

 

STI

  • Kunjungi alamat situs berikut: https://my.net1.co.id
  • Login menggunakan data STI kamu atau pastikan saat mengujungi situs tersebut kamu menggunakan jaringan dari operator STI

 

Jika tidak terdapat pilihan untuk menonkatifkan nomor yang tidak dikehendaki kita juga bisa menelepon ke costumer service tiap operator seluler yang digunakan untuk mendapatkan petunjuk cara menonaktifkan sebuah nomor yang telah teregistrasi menggunakan NIK dan KK kita. Atau kita juga bisa langsung mengujungi gerai operator yang digunakan. Selain itu dengan mengunjungi gerai kamu bisa mendaftarkan nomor lain atau nomor ke 4 dan seterusnya.

Bagikan ke teman:
cara unreg registrasi kartu, Cara unreg, cara unreg kartu sim, cara unreg nik kartu, cara un, cara unreg registrasi telkomsel, cara unreg nik, Cara unre, cara unreg registrasi kartu telkomsel, cara unreg kartu