Cara Menghemat Memori Android Tanpa Slot Eksternal MicroSD

 gadget

Cara Menghemat Memori Android – Jaman sekarang ini telah banyak hadir smartphone yang tak memiliki slot MicroSD. Hal ini dikarenakan banyak orang yang beranggapan bahwa bila adanya MicroSD justru akan jadi memperlambat kinerja dari smartphone itu sendiri, seperti halnya saat membuka file photo ataupun video. Oleh karenanya maka beberapa pabrikan smartphone saat ini banyak yang memperbesar kapasitas dari memori internalnya daripada menyediakan slot untuk MicroSD.

Sekarang ini sudah terdapat beberapa jenis smartphone dengan kapasitas internal yang terbilang sangat besar seperti contoh galaxy note 9 dengan internal 512GB ataupun iphone XS MAX yang juga punya kapasitas internal hingga 512GB. Bahkan mungkin saja tidak lama lagi akan tersedia smartphone-smartphone dengan kapasitas sampai hitungan Terabyte (TB). Dimana 1TB sendiri artinya 1000GB.

Masalahnya gimana kalau kita cuma bisa membeli smartphone dengan kapasitas memori internal yang kecil. Yang mungkin hanya 16GB ataupun 8GB saja. Apakah cukup untuk dapat menampung banyak file foto, video, bahkan berbagai file aplikasi maupun game?.

Disini kita akan berbagi sebuah tips tentang bagaimana cara untuk menghemat memori internal dari smartphone yang ukurannya relatif kecil. Misalnya ialah smartphone Xiaomi tipe lama, atau samsung tipe lama atau mungkin iphone yang hanya punya kapasitas memori internal 16GB saja. Yuk kita bahas di artikel kita kali ini.

Cara menghemat memori android tanpa microSD (memori Eksternal)

Mengkosongkan cache aplikasi

Tahukah Anda bila sebuah aplikasi umumnya memiliki file sementara bernama yang cache. Cache ini berguna agar sebuah gambar, teks, dan lainnya dalam sebuah aplikasi tidak harus didownload ulang sehingga saat kita membuka aplikasi pada kedua kalinya ataupun kesekian kalinya maka aplikasi akan dimuat dengan lebih cepat. Akan tetapi sayangnya file chache ini akan menjadikan memori internal kita jadi gampang penuh. Utamanya aplikasi browser maupun aplikasi media sosial lainnya seperti facebook dan juga instagram. Oleh karenanya biasakanlah untuk membersihkan file cache setidaknya seminggu sekali. Untuk dapat membersihkannya kita bisa memakai aplikasi cache cleaner atau dengan cara masuk ke setting » Aplikasi » kemudian pilih aplikasi yang akan dihapus cache nya lalu pilihlah Hapus cache.

Menghapus aplikasi bawaan pabrik

Pada Sebuah smartphone yang kita beli umumnya punya aplikasi preinstall ataupun aplikasi-aplikasi yang telah terinstall dari parbikan. Kadangkala aplikasi-aplikasi ini ada yang tak pernah kita pakai sama sekali. Untuk itulah maka disarankan untuk menghapus aplikasi dari bawaan pabrik yang tak kita perlukan untuk dapat mengosongkan memori internal smartphone.

Pindahkanlah file foto ataupun video ke tempat lain

Sekarang ini sudah banyak aplikasi Cloud, yang mana kita dapat menyimpan foto atau video di internet seperti contohnya di google photos. Atau kamu juga bisa menyimpannya di facebook maupun media sosial lainnya, sehingga file yang tersimpan pada smartphone dapat kamu hapus. Atau dengan alternatif lainnya yakni kamu dapat memindahkan foto atau videomu ke Laptop maupun PC yang punya kapasitas memori yang besar.

Periksa duplikat file

Hal ini seringkali terjadi yang mana kita menyimpan file yang sama akan tetapi dalam folder yang berbeda, sehingga memori kita jadi gampang penuh. Untuk dapat mengatasi hal ini kita bisa mengeceknya memakai aplikasi pengecek duplikat file, sehingga file yang sama cuma tersedia satu aja. Atau kamu juga dapat mengeceknya secara manual bila memungkinkan.

Hapus thumbnail

Thumbnail merupakan file foto berukuran kecil yang dibuat dengan otomatis oleh sistem agar kita dapat dengan mudah untuk melihat foto pada saat memilih-milih foto pada galeri atau pada file manager. Walaupun berukuran kecil, bila jumlahnya banyak maka akan dapat membuat memori hp kita jadi penuh. Perhatikan pula bahwa gambar thumbnail ini tak akan ikut terhapus saat foto aslinya sudah dihapus, maka kita harus menghapus foto thumbnail ini dengan manual atau memakai aplikasi pihak ketiga. Untuk bisa menghapus thumbnail dengan manual, maka anda tinggal mencari saja folder thumbnail yang umumnya berada di folder tempat Anda menyimpan foto. Anda dapat melihatnya via aplikasi file manager kemudian hapus folder thumbnail, jangan lupa untuk menghapus folder ini secara berkala, misalnya sebulan sekali maupun seminggu sekali, karena folder tersebut akan ada lagi – ada lagi dengan otomatis.

Itulah ulasan kita kali ini tentang beberapa tips untuk mengosongkan memori smartphone yang ukurannya kecil tanpa memiliki slot eksternal ataupun MicroSD. Masih terdapat tips tips bermanfaat lainnya yang dapat Anda cari di blog www.arietriyadi.com. Semoga bermanfaat untuk anda semua, salam.

advertisement



[yuzo_related]
Bagikan ke teman: