apa itu mode aman android & bagaimana cara menghilangkannya

 gadget

apa itu mode aman android & bagaimana cara menghilangkannya

Safe Mode atau jika dalam bahasa Indonesia berarti Mode Aman adalah sebuah fitur agar sebuah sistem berjalan dalam fungsi dasar. Tujuan adalah untuk mencari tahu penyebab error dari sebuah sistem agar tidak semakin parah. Misalnya ketika error terjadi ketika kita telah menginstall beberapa aplikasi, maka kita bisa masuk ke Safe Mode untuk mengetahui aplikasi yang menyebabkan error lalu menguninstall aplikasi tersebut.

Fitur Safe Mode ini biasanya ada di laptop atau komputer dengan sistem operasi Windows. Namun di beberapa merek perangkat Android juga ternyata ada fitur seperti ini. Fungsinya pun hampir sama yaitu untuk mengetahui penyebab error yang terjadi pada sistem. Pada beberapa merek Android Safe Mode ini diberinama Emergency Mode.

Walau fitur ini sangat berguna, terlebih bagi agan yang suka oprek-oprek Android, namun ternyata masih banyak teman-teman pemilik hp android yang tidak tahu apa itu Safe Mode dan apa fungsinya. Jika di Android ketika memasuki Safe Mode maka Android akan berjalan seperti biasanya, dengan fungsi-fungsinya pun berjalan normal seperti biasanya. Namun biasanya beberapa aplikasi yang kita download tidak ada, hilang atau tidak dapat dijalankan.

Ketika berada dalam Safe Mode, biasanya akan ada tulisan Safe Mode atau Mode Aman di pojokan bawah layar atau di bagian layar pada perangkat yang kita gunakan. Lalu bagaimana cara keluar dari Safe Mode ini? dan Agar tulisan Safe Mode bisa hilang. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menghilangkan tulisan Safe Mode pada Andorid yang kamu gunakan.

Cara Menghilangkan tulisan Safe Mode pada perangkat Android

1. Menghilangkan Safe Mode dengan muat ulang (restart)

Untuk pengguna Android versi Jelly Bean dan Kitkat biasanya cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan tulisan Safe Mode atau keluar dari Mode Aman. Caranya cukup mudah tinggal matikan Android kemudian hidupkan kembali, namun ketika proses Booting (proses muncul logo sebelum masuk ke menu tampilan awal Android) tekan Volume Down beberapa detik atau menit sampai Android kamu benar-benar hidup dan masuk menu utama.

 

2. Cara Menghilangkan Safe Mode dengan cabut baterai

Jika dengan hanya Restart ternyata Android kamu tetap masuk ke Safe Mode, cara selanjutnya yang kamu bisa gunakan adalah dengan mencabut baterai hingga mati, tunggu beberapa menit hingga sekitar 10 menitan kemudian baru hidupkan kembali.

 

3. Cara menghilangkan Safe Mode bagi pengguna baterai tanam

Untuk pengguna baterai tanam atau Android yang baterainya tidak bisa dibuka, kamu bisa melakukan restart menggunakan cara yang sesuai dengan perangkat Android kamu. Setiap Android yang menggunakan baterai tanam memiliki cara berbeda-beda untuk melakukan restart seperti pada motorola biasanya harus menekan tombol volume up, volume down dan juga tombol power secara bersamaan. Jadi silahkan gunakan cara yang sesuai dengan smartphone android yang kamu gunakan. Biasanya petunjuk cara restart atau muat perangkat ada pada buku petunjuk penggunaan saat pertama kamu beli HP.

 

4. Cara menghilangkan Safe Mode dengan uninstall aplikasi

Cara selanjutnya adalah dengan cara menguninstall (hapus pemasangan) atau copot pemasangan aplikasi yang terakhir kamu install sebelum mode safe mode muncul. Coba ingat-ingat aplikasi apa yang terakhir kamu install sebelum ada tulisan Safe Mode di samrtphone andorid kamu. Jika kamu sudah ingat uninstall aplikasi tersebut. Caranya bisa berbeda-beda tergantung Android yang kamu gunakan, namun biasanya untuk menguninstall aplikasi kamu harus masuk ke Pengaturan » Manajer Aplikasi » Unduhan. Jika kamu menginginkan sebuah aplikasi ada di smartphone Android kamu, pastikan android tersebut hasil download dari sumber terpercaya seperti dari Google Playstore. Aplikasi berbahaya atau aplikasi yang rusak dapat membuat smartphone kamu masuk ke menu Safe Mode secara otomatis.

 

5. Cara menghilangkan Safe Mode dengan melakukan Factory Reset

Factory reset artinya smartphone Android kamu akan direset menjadi seperti ketika kamu pertama kali membeli smartphone tersebut. Maka semua settingan, aplikasi, serta file yang terdapat di memori internal akan terhapus semua. Maka untuk melakukan Factory reset pastikan kamu telah membackup aplikasi dan file yang kamu rasa penting kemudian menyimpannya sementara di komputer atau di memori eksternal untuk sementara sampai kamu mengembalikannya lagi ke smartphone.

 

6. Cara menghilangkan Safe Mode dengan melakukan Flashing

Jika Safe Mode tak kunjung bisa diatasi, ada kemungkinan sistem pada Android kamu telah terdampak error hingga tidak dapat menjalankan sistem dengan normal. Satu-satunya cara untuk mengatasi adalah dengan melakukan Flashing ulang. Melakukan Flash ulang akan membuat smartphone kamu menjadi seperti pertama kali kita membeli android, semua setting, data, aplikasi, file, dll akan hilang. Untuk melakukan Flashing Ulang pastikan kamu memang bisa melakukannya atau bawa ke tempat service yang memang sudah mahir dan terbiasa melakukan Flashing, agar kerusakan pada sistem tidak semakin parah yang dapat menyebabkan Bootlop atau mati total.

 

Itulah 6 cara yang bisa kita lakukan di rumah tanpa harus membawa ke tempat service. Tapi jika kamu ragu untuk melakukannya sendiri bawalah Smartphone Android kamu tersebut ke tempat service atau service center sesuai merek handphone kamu. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Artikel menarik lainnya:
Bagikan ke teman:
cara menghilangkan mode aman yang susah hilang, mode aman tidak mau hilang, mode aman tidak bisa hilang dengan cara apapun, mode aman susah hilang, mode aman android, menghilangkan merek hp, cara menghilangkan mode aman yang tidak mau hilang, cara menghilangkan mode aman yang tidak bisa hilang, cara menghilangkan mode aman yang paling sulit, Apa file akan hilang di handphone jika pakai safe mode?